Monday, December 6, 2010

Efisien, Bersih dan Nyaman

Pantri di kediaman keluarga Ossiatzki yang berlokasi di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan ini tidak hanya menjadi tempat memasak tetapi juga dapat dijadikan tempat berkreasi keluarga serta kerabat. Pemilik rumah yang berprofesi sebagai desainer produk ini senang berkumpul bersama keluarga dan kerabat sambil memasak serta bersantap yang biasanya dilakukan di akhir pekan. Ia merancang sendiri rumah tinggal termasuk pantrinya yang berukuran 3m x 3m dan menyatu dengan ruangan makan dan tangga di tengah rumah. Pantri juga dilengkapi oleh jendela lebar tanpa kusen (frameless) yang menerus sampai ke pojok ruangan dan menghadap ke arah pintu masuk rumah agar terasa lapang. Desain jendela dan pintu ini dapat mengoptimalkan masuknya cahaya alami sekaligus memudahkan pemilik mengawasi keadaan di luar.
Untuk menegaskan kesan modern dan bersih (clean look), pantri didomi-nasi oleh bentuk kotak geometris sedangkan ruangan makan dan tangga justru diolah secara berbeda dengan nuansa etnik sehingga memberi kesan dinamis serta “hangat”. Kabinet pantri disusun dalam formasi huruf L dan dilengkapi oleh meja tengah (island) untuk kompor serta sebuah lemari built in tambahan untuk gudang rumah. Kerangka dasar kabinet dan laci terbuat dari panel melamine faced chipboard sedangkan pintu kabinet dilapisi oleh kaca bening yang diberi dasar kertas putih sehingga tercipta warna biru muda yang segar. Lemari atasnya dilengkapi oleh engsel tipe flap up agar mudah mengambil barang sedangkan bagian tepi (edging) laci dan pintu diolah menjadi pegangan tersembunyi untuk buka tutup.
Bahan pelapis meja (top table) terbuat dari solid surface warna putih polos, dof dan menerus sampai melapisi sebagian dinding area. Setiap elemen dapur dirancang dalam satu sistem terpadu (kitchen system) dan memenuhi standar kualitas yang tinggi seperti tahan lama, kuat, tahan air, tahan panas dan anti gores. Dengan demikian dapur dapat berfungsi lebih efisien, nyaman, praktis, mudah dipakai, mudah dirawat dan tampak indah.



No comments:

Post a Comment